Sejarah prodi pendidikan Matematika - Pendidikan Matematika Unsulbar
share

Sejarah prodi pendidikan Matematika


Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) memperoleh izin operasional melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 229/D/0/2007 tanggal 31 November 2007 sebagai perguruan tinggi swasta (PTS) yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Indonesia Sulawesi Barat di bawah koordinasi Kopertis Wilayah IX Sulawesi. Selanjutnya, Universitas Sulawesi Barat berubah status dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2013 tentang Pendirian Sulawesi Barat, tanggal 13 Mei 2013. Dengan pusat kampus berkedudukan di Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat. Tanggal 30 November ditetapkan sebagai hari jadi (dies natalis) Universitas. Setelah menjadi PTN maka pada tanggal 19 Desember 2013 Dr. Ir. Akhsan, MS. dilantik menjadi Rektor pertama Universitas Sulawesi Barat dengan Surat Keputusan No. 04/MPK.A4/KP/2013 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) adalah salah satu dari delapan fakultas yang ada di Universitas Sulawesi Barat. FKIP secara kelembagaan berdiri secara resmi sejak tahun 2017, yaitu sejak diterbitkannya Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2017 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Sulawesi Barat, tanggal 2 Juni 2017. Namun demikian, secara operasional FKIP Universitas Sulawesi Barat mulai melakukan tugas kelembagaan sejak dilantiknya secara resmi pejabat dekan, Dr. Abdullah Pandang, M.Pd, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. Siti Sapiah, S.S., M.Hum, dan Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, Dr. Kartika Hajati, M.Pd  pada tanggal 30 Mei 2018.

Kini FKIP Universitas Sulawesi Barat membina empat program studi jenjang S1 yang sebelumnya berada di bawah naungan fakultas lain, yaitu Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, dan Pendidikan Fisika (sebelumnya bernaung di bawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengatahuan Alam) dan Pendidikan Bahasa Inggris (sebelumnya berada di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik).

Program Studi Pendidikan Matematika sendiri merupakan program studi yang dikembangkan dari Program Studi Matematika Sains di bawah naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sulawesi Barat yang didirikan berdasarkan pada keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan tanggal 13 November 2013 tentang Penetapan Kembali Program-program Studi pada Universitas Sulawesi Barat. Sejak awal berdirinya, penyelenggaraan pendidikan, kurikulum, dan proses pembelajaran dirancang untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi keguruan di bidang Matematika yang diterapkan dalam pengajaran matematika sekolah baik di tingkat SMP maupun SMA.

Meski Program Studi Pendidikan Matematika saat ini berada di naungan fakultas terbaru di Universitas Sulawesi Barat, namun mahasiswa dan dosen dari program studi ini sudah melaksanakan kegiatan tri dharma perguruan tinggi sebagaimana program  studi lain yang ada di Universitas Sulawesi Barat. Dengan demikian, Program Studi Pendidikan Matematika sejak awal bergabung di FKIP langsung bergerak melakukan penataan dan penyesuaian administrasi akademik dan kemahasiswaan yang diperlukan demi menjamin kelancaran dan keberlangsungan proses akademik dan administratif.